Perbedaan Evercoss M6,M6A,dan M60

Perbedaan Evercoss M6,M6A,dan M60

Vinipassiti – Evercoss, sebagai perusahaan telepon seluler lokal, selalu berusaha menghadirkan inovasi-inovasi baru. Hal ini terlihat dari lahirnya produk-produk baru M-series, antara lain Evercoss M6, Evercoss M6A, dan Evercoss M60. Ketiga ponsel entry-level ini dibandrol dengan harga terjangkau untuk perangkat mobile masa kini.

Ketiga ponsel ini ditenagai secara kompak oleh sistem operasi Android 10, yang menawarkan menu dan fungsi baru. Tidak hanya itu, ketiganya kompatibel dengan berbagai fitur lain yang sangat fungsional seperti Bluetooth 4.2, proximity, dan accelerometer.

Perbedaan Evercoss M6, M6A dan M60

Setelah mencermati spesifikasi ketiga produk Evercoss di atas, sudahkah Anda menemukan perbedaan antara Evercoss M6, M6A, dan M60?

Jika belum, tidak perlu repot karena Cari Signal akan menjelaskan satu per satu perbedaan ketiga smartphone besutan anak negeri ini. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

1. Tubuh dan tampilan layar

Secara penampilan, ketiganya memiliki identitas yang berbeda. Pada Evercoss M6 dan Evercoss M60, keduanya memiliki bezel atas dan bawah yang hampir sama di area depan. Sementara itu, Evercoss M6A telah menerapkan layar ponsel Water Drop sebagai tetesan air.

Pindah ke area di belakang ketiga ponsel ini, ada sedikit perbedaan. Perbedaan ini terlihat pada kotak kamera yang ditempatkan pada housing yang berisi sejumlah sensor berbeda dan tulisan AI Vision (horizontal atau vertikal).

Ketiga perangkat ini dianugerahi panel IPS LCD yang diklaim lebih hemat energi dan menjanjikan pengguna merasa lebih nyaman untuk mengoptimalkan penglihatan saat menatap layar.

Sementara Evercoss M6A bertambah 6,08 inci, disusul Evercoss M6 dan Evercoss M60 yang memiliki ukuran layar 5,7 inci.

Sama-sama didesain dengan layar beresolusi HD+, ketiga Evercoss ini memberikan ketajaman dengan ukuran yang disumbangkan masing-masing. Mulai dari Evercoss M6A dengan kerapatan piksel 282 ppi, disusul Evercoss M6 yang ketajaman pikselnya mencapai 267 piksel, dan untuk Evercoss M60 sepertinya dalam hal ini di kisaran 200 – 300 dpi.

2. SoC (sistem pada chip)

Semua perangkat seluler tidak akan berfungsi tanpa SoC (System on Chips). Nah dalam hal ini Anda dapat melihat bahwa Evercoss M6 dan Evercoss M6A bekerja secara kompak dengan chipset Unisoc SC9863A yang berukuran 28 nanometer.

Sementara itu, CPU Octa-core terdiri dari empat Cortex-A55 dengan clock 1,6 GHz dan empat core Cortex-A55 yang mempercepat hingga 1,2 GHz.

Berbeda dengan Evercoss M60, yang berbasis pada Spreadtrum SC9832E sebagai mesinnya. Kemudian, untuk memuluskan kinerjanya, telah ditanamkan CPU quad-core dengan kecepatan 1,4 GHz.

Perubahan prosesor pengolah grafis di perangkat ini belum mengungkapkan nama GPU yang digunakan. Sementara itu, Evercoss M6 dan Evercoss M6A bekerja dengan IMG8322 pada GPU mereka.

3. Kapasitas ruang penyimpanan

Meski masuk dalam jajaran ponsel entry-level, ketiganya diberkahi dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Semakin besar ukuran ruang penyimpanan pada ponsel, memungkinkan pengguna untuk menyimpan data dalam jumlah besar dan menginstal berbagai aplikasi.

Mulai dari sektor ini, ada Evercoss M60 yang mengusung RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB. Disusul Evercoss M6 dengan RAM 3 GB dan memori internal 16 GB.

Di bagian atas, tentu saja Evercoss M6A yang memiliki RAM 4GB dan memori internal lebih lega dibandingkan rekan-rekannya yang 32GB.

4. Pengaturan kamera

Sebagai smartphone yang hadir di era digital, tentunya fitur kamera tidak akan ketinggalan dalam proses penggarapannya. Kamera ponsel kini seolah menjadi kebutuhan mutlak bagi sebuah smartphone merek dan model apapun tanpa terkecuali pada Evercoss M6, Evercoss M6A dan Evercoss M60.

Meski berada di ranah entry-level, dari segi skill marksmanship mereka, ketiganya mampu menghasilkan karya yang cukup impresif. Hal ini tidak terlepas dari konfigurasi yang diusung oleh masing-masing kamera. Namun, ketiga smartphone ini sebenarnya memiliki sedikit perbedaan pada modul kamera yang dibawanya.

Pada kamera belakang, Evercoss M6 menghadirkan sensor utama 8 MP disertai dual VGA. Sedangkan Evercoss M6A mengusung sensor utama 8 MP dengan bukaan f/2.2 yang mendukung triple camera, autofocus, dan flash. Di sisi lain, ada sensor lebar Evercoss M60 yang berukuran 8 MP plus kamera ganda dengan dukungan flash dan autofokus.

Perangkat Evercoss ini juga memiliki kamera depan untuk menunjang aktivitas mulai dari selfie hingga video call. Seperti biasa, ada modul yang berbeda di antara ketiganya di sektor ini. Evercoss M6 dan Evercoss M60 memiliki resolusi 5 MP, sedangkan Evercoss memiliki pengaturan yang lebih baik, yaitu 8 MP pada kamera depan.

5. Sumber daya baterai

Seperti yang Anda ketahui, untuk menjalankan smartphone Anda membutuhkan daya baterai. Untungnya, ketiga ponsel Evercoss ini disuntik baterai berkapasitas cukup untuk kategorinya. Namun, diam-diam, ketiganya mendapatkan jumlah kekuatan yang berbeda.

Sebagai contoh, Evercoss M60 menggunakan baterai berteknologi lithium-ion dengan kapasitas ponsel 3000 mAh. Lain halnya dengan Evercoss M6 dan Evercoss M6A yang ternyata memiliki selera yang sama dalam hal penyimpanan energi, yakni menggunakan baterai Li-Po berkapasitas 3.200mAh. .

6. Harga

Perbedaan lain yang harus Anda ketahui antara ketiga ponsel Evercoss ini tidak lain adalah harganya. Buat kamu yang berencana membeli Evercoss M6, siapkan sekitar Rp 900.000 untuk tipe memori penyimpanan 3/16 GB.

Sedangkan jika Anda lebih menyukai Evercoss M6A, perangkat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,1 jutaan untuk model penyimpanan 4/32 GB. Namun, untuk memesan unit Evercoss M60 dengan varian 2/16 GB, budget yang di keluarkan cukup besar. dibelanjakan sebesar Rp750.000.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan Evercoss M6, Evercoss M6A dan Evercoss M60. Apakah menurut Anda ada perbedaan lain antara ketiga ponsel Evercoss.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru